Kamis, 16 September 2010

Belajar dari kesalahan.

jadi.............gue itu suka ngeces ngeliat gitaris-gitaris yang sering nongol di tipi. pengen banget bisa kayak mereka. apalagi kalo gitarisnya cewek, keren aja gitu kalo gitarisnya cewek. cewek kan biasanya lebih beralih ke bass... gue pun lalu punya keinginan untuk bisa main gitar. keinginan gue ini udah ada dari kelas 6, semenjak kakak gue yang cowo lagi belajar gitar. setiap kali gue mau minta diajarin, kakak gue selalu jawab "belajar kunci D, A, sama G dulu! nih kunci A, *sambil nunjukin kuncinya* kalo udah bisa bunyi baru kunci lain" oke. gue turutin kata kakak gue. setiap kali neken kunci A, kok kayaknya susah banget. tiap hari belajar hasilnya sama juga. gak bunyi-bunyi. gue putuskan untuk tidak menyentuh gitar lagi, semenjak gue pasrah gak bisa kunci A.


dua tahun kemudian, ada tugas seni budaya yang mengharuskan setiap kelompok bisa main gitar. kebetulan di kelompok gue gak ada yang bisa. tadinya kelompok gue emang gak mau make gitar, tapi setelah dipikir-pikir, hampa juga kalo gak ada gitar. dan setelah 2 tahun lamanya, gue mencoba untuk menyentuh gitar lagi. demi kelompok seni budaya gue waktu itu. kebetulan gue punya temen baik hati dan tidak sombong (tapinya boong) yang bernama Nicky Sariutami *seneng kan nama lu gua munculin, biar eksis dikit lah.* dia lalu berbaik hati mau ngajarin gue main gitar, setelah gue pasrah sama kakak gue karna setiap kali gue mau minta diajarin selalu jawab "belajar kunci D, A, G dulu!!" lah, gimana mau bisa belajar, orang dia cuma ngasih tau kunci A doang.


dan dalam sekejap, *gak juga sih, butuh waktu berminggu-minggu* gue pun bisa memainkan kunci C, G, Am, Em, E, Dm, dan juga kunci yang selalu dsebut-sebutkan kaka gue itu, D,A, G. alhamdulilah..........
yah, walaupun masih berantakan-acakadul-nekennya kurang keras, seenggaknya gue sudah lumayan bisa memainkan kunci dasar itu. guepun lalu langsung mengucapkan terimakasih kepada nicky dan mencipoknya dan menjadikannya sebagai pacar.......... enggak deng........... enggak lah. percaya aja lo. *siapa juga yang percaya-_-*


gue pun langsung merasa jadi orang hebat. padahal cuma bisa main kunci dasar doang, mana mainnya masih jelek banget. tapi gue tetep punya rasa bangga. saking tingginya rasa bangga gue itu, gue pun jadi sombong. gue jadi males untuk belajar kunci lebih tinggi lagi. karena gue sudah merasa serba bisa.
berbulan bulan sudah main gitar...tapi kok rasanya, permainan gitar gue gitu-gitu aja. gak nikmat. kurang asik. yaiyalah, orang cuma bisa main kunci dasar doang, apanya yang dibanggain? gue pun langsung berpikir bahwa cara sombong gue yang gak mau belajar kunci lebih banyak karena sudah merasa bisa itu, salah. gue pun benci akan sifat gue yang satu ini. kesimpulan yang dapat gue ambil: manusia itu kalo udah bisa apapun, pasti ngerasa paling hebat. sombong. inget, diatas langit masih ada langit.


gue lalu mengheningkan cipta dan ingin belajar kunci lebih banyak lagi. gue belajar dari kakak gue, dan yang baru bisa cuma kunci Bm, Bb dan B. wah serba B yuph-_-
gue selalu mencoba belajar kunci balok yang lain, tapi gak bisa-bisa. tangan gue gak kuat. kaku. susah banget rasanya buat neken kunci C#m dan kunci lainnya. lagi-lagi, gue pasrah. gue udah nyoba setiap hari tapi gak bisa-bisa. mungkin emang gue tidak ditakdirkan untuk bisa main gitar. oke, semenjak itu pula, gue tidak pernah menyentuh gitar lagi.


keinginan gue untuk bisa main gitar ditambah dengan anak imut nan kiyut yang berasal dari korea, sungha jung. permainan gitar klasiknya udah gak diragukan lagi, padahal masih kecil *lupa umurnya berapa*. ditambah lagi permainan kakak gue yang makin jago. mantap.  tapi disitu gue cuma pasrah, "ahilah, jangan sok-sokan main klasik, main biasa aja belom bener" dan keinginan untuk menyetuh gitar pun gagal.
sampe pada akhirnya, gue mimpi. mimpinya tiba-tiba lagi main gitar, terus ada beberapa temen gue. tapi gue lupa temen yang di mimpi gue itu siapa aja. temen gue terus bilang, "shab, coba kunci F#m!" dan gue menjawab, "ah gua gak bisaaaaaaaaa" "coba dulu" "ehm oke" gue pun memainkannya dan ternyata........bisa! dan tentu saja ini cuma di dalam mimpi. terus temen gue bilang lagi "C#m!" dan gue bisa lagi mainin kunci itu. di mimpi itu gue lancar banget mainin gitarnya. aneh.


gue lalu kebangun dari mimpi itu dan rasanya pengen main gitar lagi. hari itu juga gue langsung nanya kunci-kunci balok ke kakak gue. semuanya dilakuin dengan spontan. sampai pada akhirnya, butuh waktu lama juga belajarnya, gue cukup bisa memainkan kunci balok. persis kaya di mimpi waktu itu. walaupun belum terlalu lancar dan belum bunyi semua. semenjak itu gue lebih banyak belajar kunci gitar di youtube. banyak membantu juga, soalnya langsung praktek. sampai pada akhirnya gue belajar lagu paramore - ignorance yang menurut gue secara pribadi cukup susah dimaininnya karena temponya yang cepet. dan.....gue bisa ngikutin dikit-dikit kunci yang di youtube. gue pun gak percaya kalo bisa mainin lagu ini. yah, walaupun, sekali lagi, permainan gue gak sesuai yang diharapkan. masih belum lancar dan belum bunyi semua. 


semenjak itupun gue bertekad untuk belajar gitar lebih dalam lagi. gue tau, permainan gitar gue gak akan pernah bagus, tapi sekarang gue selalu berusaha. 
semua itu berawal dari mimpi. padahal gue waktu itu udah males main gitar.

dan makna yang gue ambil dari kisah gue ini...... 
kalo kita udah ngerasa bisa di satu titik, itu malah bikin kita diam dan gak mau nambah wawasan lagi. karena kita udah ngerasa "gue bisa kok!" dan sombong. ketidak adanya usaha juga membuat gue bilang "ah gak bisa" melulu.
di sekolah pun nilai-nilai gue biasa aja karna gue selalu ngerasa puas kalo gue udah ngerasa bisa mengerti suatu pelajaran, dan gak mau berusaha lebih keras lagi. ada juga karena gue gak ngerti pelajaran tersebut, dan gak mau mencoba untuk mengerti. itulah akibatnya, gue gak pernah masuk 10 besar. tragis.
gue udah kelas 3. UN menanti. kalo kerjaanya 'ngerasa puas' sama 'gak bisa' melulu, kapan majunya???

sekarang, gue lebih banyak belajar dari kesalahan.
karena belajar dari kesalahan/kegagalan itu adalah awal dari kunci kesuksesan.







2 komentar:

  1. Jadi sekarang gimana main gitarnya?? :) udah jago banhet kaya slash?

    BalasHapus
  2. Jadi sekarang gimana main gitarnya?? :) udah jago banhet kaya slash?

    BalasHapus