Minggu, 12 Juni 2011

Dear Diary......

gak terasa, udah bulan juni aja. oke kawaaaaaaan aku mau curhat sedikit boleh kan ya boleh dong~
yapp akhirnya tanggal 4 juni kemaren pengumuman kelulusan dan alhamdulilah sekolah gue lulus 100% :) ya walaupun sempet kaget juga ngeliat nilai gue yang jauh banget dari target, padahal gue udah belajar kaya orang kesetanan, begadang ngapalin IPA, dan cukup merasa menguasai MTK. dan gak tau kenapa dari semua nilai, IPA gue paling bagus disitu. emang sih kalo dibandingin belajar gue dibanding MTK, gue sebenarnya lebih semangat belajar MTK. tapi kenapa MTK gue bisa jeblok gitu ya? dan soal-soal latihan yang dikasih dari tempat les gue itu soalnya jauuuuuuuuhhhhhhh beda dari UN. sempet nyesek juga, soalnya gue udah nguasain soal yang dikasih itu, tapi gataunya soal UN beda jauh dari soal-soal les. yah mau gimana lagi-_- tadinya sempet nyesel, kok gue gini banget ya? udah belajar tiap hari sampe les bayar mahal-mahal tapi belum ada hasilnya :( coba ajaa MTK gue gak jeblok, bisa tuh nem gue lebih tinggi lagi. gagal deh gak bisa banggain orangtua........ tapi mau diapain lagi lah, gue syukuri aja sama apa yang dikasih :') masih banyak orang yang gak seberuntung gue yang gak lulus. kalo dipikir-pikir percuma juga sih gue nyesel kaya gini terus. nilai gue segitu ya berarti kemampuan gue emang cuma segitu. percuma juga gue ngiri sama yang nem nya tinggi, toh mereka (beberapa) juga dapet kunci jawaban. *buat yang merasa nilainya tinggi, gue gak bermaksud yang nemnya tinggi itu hasil bocoran semua kok, tapi gue tau siapa aja yang dapet bocoran itu sampai akhirnya nilainya tinggi. jadi jangan ngerasa ya* emang sih gak bisa banggain orangtua (lagi, lagi dan lagi) tapi yang pasti, kalo gue make bocoran juga sama aja ngebohongin diri sendiri sama orangtua. gue gak bisa bayangin muka bahagia orangtua gue, mereka nangis bahagia, padahal itu semua hasil bocoran.. mending hasil sendiri deh, walaupun jelek tapi yang penting kan bangga bisa ngerjain sendiri ya kan? :) orangtua juga pasti bangga ngeliat anaknya bisa ngerjain sendiri padahal dikelilingi sama anak yang pake bocoran.

masalah SMA... jujur nih gue lagi bingung mau sekolah dimana gara-gara nem kecil. tadinya sih pengennya masuk swasta aja, tapi agak trauma juga sekolah di swasta. udah gitu orang-orang suka mandang gimana gitu ama swasta, kesannya gue bego banget gak dapet negri sampe harus masuk swasta (PADAHAL MAH ENGGAK YA, ITU BEBERAPA PENDAPAT ORANG ANEH DAN SOKTAU YANG GUE DENGER) dan gue sih yang penting sekarang sekolah dimana aja gak papa deh, yang penting mah kita bisa ngikutin sekolah itu dan ngejar prestasi. 

coba aja kalo gue maksain sekolah favorit sampe nyogok, gue gak yakin gue bisa berprestasi disitu. udah gitu..... gue bingung ya sama sistem SMA jaman sekarang. parah banget. ancur. baru tau gue kalo ancur gini. apa-apa main belakang. udah gitu kalo udah main belakang dan anak itu dijamin masuk sekolah favorit, ehh anak yang pinter sama yang udah berjuang keras mati-matian buat dapetin sekolah itu dibuang gitu aja. DIMANA ADANYA KEADILAN? dan gue tanya sekarang, emang dengan adanya jalur belakang yang gak menjamin anaknya seperti apa itu, menjamin sekolahnya bisa lebih bagus, berprestasi? GAK KAN! dan dengan gampangnya orang yang pinter dan yang udah berjuang itu harus dibuang gitu aja. MAKSUDNYA APA SIH? jadi intinya minta orang pinter apa orang kaya? kalo kaya gitu mah mending gak usah ada test segala deh, aturan bilang aja 'orang kaya boleh langsung masuk' kan lebih enak tuh dibacanya, udah gitu gak bikin 'orang yang terbuang' itu nyesek juga. NYESEK TAU UDAH CAPEK-CAPEK BERUSAHA KERAS BUAT MASUK SMA YANG DIINGINKAN TAPI GATAUNYA DIBUANG GITU AJA KARNA ADA ORANG KAYA ITU. dunia sekarang emang kebalikan banget. sekarang mah yang penting kaya, punya ilmu pinter dan udah berusaha keras? belum bisa menjamin masuk SMA/universitas favorit..

tapi dari semua hal yang bikin gue nyesek itu, gue akhirnya mendapatkan hikmahnya.
sekolah di sekolahan favorit dan pake jalur belakang, gak menjamin lo berprestasi dan 'favorit'
gak menjamin lo kuliah di universitas tinggi. (ya kecuali yang mau jalur belakang lagi. apapun bisa dilakukan)
oke deh mereka bisa di sekolahan favorit, universitas favorit, tapi.......... orang yang kaya gitu mah gak menjamin nantinya orang sukses. BUKANNYA NGEDOAIN, tapi kalo dari kecilnya aja udah pake cara curang kaya gitu......... ntar jadi susah seterusnya.
semua diambil positif aja deh.. gue gak diterima di sekolah favorit mungkin memang bukan rencana Allah.
dan kenapa ya, orang-orang ngebet banget pengen sekolah di sekolahan favorit sampe harus pake jalur belakang itu? padahal sekolah biasa juga banyak yang bagus, kan tergantung anaknya juga kali..... malah banyak loh anak-anak yang sekolah di sekolahan biasa, banyak yang dapet beasiswa di dalam negri maupun luar negri.


biarin aja deh gue sama orang yang kaya gitu, pasti dibalik semua itu ada hikmahnya dan Allah pasti akan ngebales orang yang kaya gitu. ya, biar Allah aja yang bales. dan Allah ngeliat semuaaa perbuatan kita kok buat kita yang jujur. mungkin di dunia kita gak dianggep karna banyak pihak yang curang, tapi.. kita dianggep kok sama Allah. pasti semuanya dibales. tenang aja.  
untungnya gue punya banyak temen yang selalu support gue, walaupun nem gue kecil, gue gak diterima di sekolah favorit, mereka selalu ngajarin gue untuk terus bersyukur sama apa yang udah dikasih karena gak semua orang bisa seberuntung kita. masih banyak kok orang yang gak seberuntung kita. mereka yang selalu gagal, tapi impian mereka gak pernah pudar. jadi gue juga harus punya impian tinggi dong :) dan mereka bilang, dibalik semua itu pasti Allah punya rencana lebih baik. terbaik malah. makanya kalo kita mau sabar, berdoa dan terus berusaha, Allah pasti akan ngebuktiin rencana terbaiknya itu. kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. ayooo buat yang senasib sama gue, jangan putus asa! wkwkw~~ 

3 komentar:

  1. senasib kita :D makasih banyak motivasinya ya ;) SEMANGAT!!!

    BalasHapus
  2. Masa sih 2013 udah 20 variasi soal UN masih bisa nyontek.
    Kalo dulu iya. Cuma 3 variasi soal UN.
    Jd anak yg NEM nya tinggi di 2013 bener2 otak. Tinggal skrg kesiapan kita

    BalasHapus