Sabtu, 09 Oktober 2010

roda kehidupan akan terus berputar.

kebanyakan orang-orang itu jaman sekarang jarang yang bersyukur sama nikmat yang udah dikasih sama yang diatas. kebanyakan dari kita pasti.....
"kok makanan nya ini sih? udah tau gue gak suka! gue maunya sushi!"
orang itu biacara tanpa memikirkan betapa susahnya cari uang untuk beli makanan.

"mah aku mau ganti hp gak mau tau!"
orang itu bicara tanpa ada rasa susahnya nyari uang.

"ah masa nilai gue cuma 90 sih?? gue mau 100!!"
orang itu bicara tanpa memikirkan betapa beruntungnya dia dibanding teman-temannya yang ingin mendapat nilai bagus.

"mamah gak pernah ngertiin apa yang aku pengen!! cuma 500rb doang kok mah! pliss!"
orang itu bicara tanpa memikirkan betapa susahnya orangtua mencari uang.

"yah kok dibeliinya KW sih? aku mau yang original pah! biar kaya temen-temen"
lagi-lagi bicara tanpa punya rasa dosa.

"keluarga gue kaya t*i semua"
orang itu bicara tanpa memikirkan betapa banyaknya orang yang punya keluarga tidak lengkap. bahkan banyak orang menjadi yatim piatu dan sebatang kara.

"bokap gue adalah orang paling nyebelin sedunia."
bayangkan, kalo hiduplo tanpa seorang ayah. darimana lo dapet laptop yang harganya mahal itu???

"nyokap ngeselin banget sumpah"
coba kalo ibu kalian pergi untuk selama-lamanya??? siapa yang akan membesarkanmu???

"yah masa gue cuma dikasih 100rb sama nyokap"
"hah gak salah cuma 200rb? murah banget"
dan orang itu bicara tanpa memikirkan, betapa banyak orang dikalangan bawah yang dapet uang 20rb aja udah bersyukur bgt saking susahnya nyari uang, sedangkan kita? di kasih 500rb pun pengen lebih"

coba kita lihat ke bawah. banyak anak kecil yang seharusnya mereka sekolah, malah kerja buat bantu orang tuanya. bayangin, banyak orang di dunia yang hidupnya gak seberuntung kita. banyak orang yang udah yatim piatu, dan menginginkan sesosok  kasih sayang orang tua. sedangkan kita??? kita malah sebel sama orangtua kita sendiri. minta apapun juga seenaknya sama orangtua. tanpa mikirin susahnya buat nyari uang.....

ini karena kita gak pernah liat kehidupan dibawah. yang kita liat hanyalah kehidupan diatas. ini yang  kita selalu ngerasa kurang kurang dan kurang, dan jarang mengucapkan kata 'bersyukur'. padahal kita udah dikasih enak sama yang diatas, tapi kita malah tambah ngelunjak. sekali lagi, tolong liat kehidupan dibawah. banyak orang yang tinggal di kolong jembatan, banyak orang yang tidak pernah merasakan hidup mewah, banyak orang yang ingin punya keluarga lengkap, banyak anak yang tidak sekolah, dan banyak orang yang susah mencari uang, tapi,
kebanyakan dari kekurangan mereka itulah mereka sering bersyukur. malah banyak dari kehidupan kita yang serba enak tapi sering ngeluh dan jarang bersyukurnya. sampe sekolah pun, kadang kita banyak ngeluh dan males sekolah. (lagi-lagi ini termasuk saya.) padahal di kalangan bawah banyak banget yang gak sekolah dan pengen sekolah kaya kita......
ada juga yang punya otak pinter tapi dia jarang bersyukur. jarang dari mereka bilang 'alhamdulilah' waktu dapat nilai bagus, karena saking seringnya orang itu dapat nilai bagus dibanding teman-teman lainnya. padahal, banyak bangeeet orang yang pengen punya otak pinter termasuk gue. gue aja kadang dapet nilai mtk 70 udah bersyukur alhamdulilah banget, yah walaupun pengen dapet hasil lebih, tapi mau gak mau juga harus bersyukur dan juga jadi motivasi biar gue lebih giat lagi belajarnya.  sedangkan mereka dapet nilai 80 pun.......gak bersyukur. emang keinginan kita untuk "gue pengenya 95, bukan 80" itu selalu ada, tapi kalo emang udah dapet segitu, berarti kita harus lebih rajin lagi belajarnya.

kalo misalkan kehidupan itu dibalik, yang atas jadi dibawah, dan yang di bawah jadi di atas, baru deh kita ngerasain kehidupan yang keras. selama ini kita cuma mau hidup enak enak dan enak dan gak pernah mau ngerasa susahnya. gak usah jauh-jauh, kaya mau dapet nilai bagus aja, kadang kita malah ngandelin jawaban temen daripada belajar mati-matian. mau dapet nilai UN bagus aja, lagi-lagi nyari kunci jawaban. gak pernah mau ngerasain yang namanya bersakit sakit dahulu ber senang senang kemudian.. yang dipengenin cuma 'hidup serba enak'

roda kehidupan akan terus berputar kawan, gak selamanya kita diatas dan gak selamanya kita hidup dibawah. ada saatnya dimana kita harus berjuang keras dulu untuk mencapai suatu kesuksesan. orang itu sukses dari nol dulu, gak langsung sukses aja. dan orang kebanyakan sukses karna selalu belajar dan mengatasi setiap kegagalan. gak kayak kita, gagal atau ngerasa dibawah sekali aja rasanya dunia kejam banget. padahal kita sedang diuji, seberapa besar rasa sabar kita dan seberapa banyak kita bersyukur.

coba deh sekali kali nengok kebawah, kalo nengok ke atas terus, kapan kita ngerasa bersyukurnya???
ada saatnya dimana kita harus merasakan hidup keras, berjuang menghadapi kehidupan.
dan ada saatnya dimana kita merasakan betapa nikmatnya kehidupan ini.

-Shabrina Saraswati-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar