Jumat, 15 Oktober 2010

mereka yang merokok, kitalah yang jadi korban..

gue capek. capek bangeeeeeet.
capek banget kalo tiap hari harus ikut ngirup asap yang bernama R-O-K-O-K.
dan gue udah capek jadi perokok pasif. 
CAPEKK!!!!
lo tau kenapa????

Perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok, namun menjadi korban perokok karena turut mengisap asap para perokok aktif.

faktanya, perokok pasif pun lebih berbahaya dari perokok aktif. 
bayangin yaaa, dari kecil sampe sekarang gue harus ikut menghirup asap mematikan itu. setiap kali gue tegor "maaf, jangan ngerokok dong" yang ada gue dimarahin sama perokok aktif tsb. bahkan gue waktu kecil pernah nulis "DILARANG MEROKOK" dan gue tempel di sekitar lingkungan gue, dan.............tidak ada perubahan dan respon apapun. yang ada malah respon "masih kecil aja sok tau banget kamu!". gue disitu cuma pasrah. disitu gue masih kecil dan gak tau apa-apa. tapi disitu gue udah tau bahaya dan dampak rokok bagi yang menghisapnya, karena sering banget iklan-iklan atau poster yang menyebutkan rokok bahaya atau dilarang merokok. dan sekali lagi, perokok aktif gak peduli dan mengabaikannya.

itu terjadi waktu gue umur 5-6 tahun. dan sekarang sudah 8 tahun gue menghirup asap rokok. 8 tahun. 8 tahun!!! gue yakin paru-paru gue udah gak sehat lagi, karena, sekali lagi gue pecamkan, perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. padahal gue udah ngejaga paru-paru gue buat gak ngerokok dan gak akan pernah mau ngerokok.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya. dan mereka yang menjadi perokok pasif lebih beresiko terkena penyakit asma, pembuluh darah, jantung kroner, gangguan pernafasan, bahkan kanker paru-paru. untuk anak-anak dibawah umur terdapat resiko kematian mendadak akibat  terpapar asap rokok.
dan ini yang lebih parah, ceman-ceman.
Seorang perokok aktif bisa membunuh 200 ribu orang perokok pasif dalam satu tahun. dan setidaknya sudah tercatat 4000 kematian perokok pasif per tahunnya di US.
gue yakin perokok aktif gak ada yang peduli tentang hal ini, mungkin ada yang peduli tapi gak banyak, soalnya mereka susah untuk berhenti ngerokok. walaupun udah banyak banget kerugian atau penyakit yang bisa di derita perokok pasif, perokok aktif pun akan tetap menghisap rokoknya.

oke gue tau, orang yang udah ngerokok sekali bakal terus kecanduan. tapi bisa gak ngisep rokoknya gak didepan orang yang gak ngerokok? secara gak langsung tuh perokok aktif udah ngeracunin perokok pasif woy! padahal ya sekarang itu udah ada fatwa HARAM bagi mereka yang merokok di depan umum. banyak juga di mal-mal yang bertuliskan "area khusus merokok" padahal buat bermaksud nyadarin perokok aktif kalo asap rokok itu bisa membahayakan orang lain, tapi nyatanya?????? contoh, kalo gue lagi naik angkot dan ada penumpang lagi ngerokok. gue tegor dia untuk gak ngerokok di angkot dan orang itu malah marah sama gue. salah apa coba gue hah? gue cuma ngasih tau yang bener. sekarang aja gue selalu nyindir mereka yang ngerokok dengan cara sopan, nutup idung dan ngerasa gak nyaman dengan asep rokok, tapi tetep aja, gak ada respon dari mereka. dan dengan sangat terpaksa pun gue harus ikut menghirup asap itu..


kita disini yang gak pernah ngerokok, harus turut ikut menghirup rokok dari perokok aktif. 25 persen racunnya buat mereka, 75 persennya dibuang gitu aja ke kita. kita pun yang harus mematuhi peraturan mereka, "yaudah sih! cuma ngerokok DOANG. gue ini yang ngerokok, bukan lo". kita malah seperti jadi 'budak' mereka. dan dia gak akan pernah mikirin dampak asap itu buat kita yang perokok pasif. lagi-lagi, kita yang akan selalu jadi korban. perokok aktif tuh emang gak pernah mikirin nasib kita. gak akan pernah.


oke, buat kalian para perokok aktif,

makasih banget,
udah bagi-bagiin racun rokok ke kita.

makasih udah ngehasut anak-anak muda untuk ngerokok. "lo gak ngerokok berarti lo gak gaul bos..." tunggu? emang kalo lo udah gaul lo bakal jadi apa? orang hebat? orang sukses? gaul emang bakal dibawa mati? bakal selamat dunia akherat? baru tau gue. yang ada lo bakal mati keracunan duluan. 

makasih, udah seenaknya ngibulin asap rokok di depan kita.

makasih juga, selalu marah-marah kalo kita tegor. "loh? kok malah nyalahin kita (perokok aktif) sih? kalo perokok pasif lebih bahaya dari perokok aktif, kenapa gak jadi perokok aktif aja? hahaha" makasih. masa depan gue bakal ancur. gue gak mau jadi orang kempot dan kecanduan kaya orang gila demi sebatang racun mematikan itu.

dan makasih,  
kalo secara gak langsung, kalian (perokok aktif) udah membunuh kita (perokok pasif).
tepuk tangan yang meriah buat kalian perokok aktif. :)


susah sekarang buat nyegah orang biar gak ngerokok. sekarang aja seakan-akan rokok itu udah merajai kita. susah buat dicegah. konser aja dimana-mana udah di sponsor sama rokok..anak-anak remaja pasti gampang kehasut. apalagi kalo ngehasutnya pake kata-kata "gaul"..
ketahuilah,
kami perokok pasif benci sebenci bencinya dengan orang yang udah nyiptain rokok. sekali lagi, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar