Rabu, 04 Januari 2012

bermain dengan kamera analog itu menyenangkan :3

dari kiri ke kanan: disderi punya tante, si kece Fisheye 2.0, dan si cantik Diana Mini :3
kamera film???? jaman???
komentar itu sering sekali terdengar di telinga gue. maklum, di jaman yang sudah serba canggih ini, orang-orang udah jarang yang pake kamera film dan mereka beralih ke kamera digital atau slr. kadang gue suka jenuh pake kamera digital. karna hasilnya yang gitu gitu aja, entar juga diedit lagi di photoshop, beda sama kamera lomo. sensasinya beda deh kalo pake kamera ini. apalagi kalo pake kamera sejenis seperti gambar yang diatas. diana mini, fisheye, holga, lc-a, la sardina, dll. kamera analog ini keluaran dari produk lomography, dan di setiap kamera pun punya kelebihannya masing-masing. yang pasti, hasil dari kamera-kamera itu bisa diluar dugaan dan gak perlu di edit lagi. walaupun kelemahannya kita belum bisa liat hasilnya karna harus dicetak dulu dan masih menggunakan film, tapi kalo udah liat hasilnya..... puas banget rasanya.
kecintaan gue sama lomografi dimulai dari tahun 2009. awalnya gue suka nyari foto kamera mainan, dan waktu itu gak sengaja kebuka web resmi lomografi. gue liat-liat hasil gambarnya disitu, dan ngeliat juga jenis-jenis kameranya. gue langsung jatuh cinta sama dunia lomografi karna hasilnya yang sangat diluar dugaan, warnanya nyentrik, dan jarang orang yang tau. gue pun nyari-nyari info kelebihan kamera masing-masing, dan akhirnya gue memutuskan untuk beli diana mini. awalnya orangtua gak setuju soalnya ngapain sih beli kamera film kalo udah ada kamera digital? gue akhirnya ngejelasin kelebihan dari kamera lomo itu. akhirnya orangtua setuju beliin gue kamera itu, dan diana mini adalah kamera analog pertama gue.

yang gue suka dari lomografi adalah selain hasilnya yang unik, kita pun gak usah bingung mikirin teknik fotonya kaya gimana. don't think, just shoot. gak perlu takut hasilnya kayak gimana, karena hal yang biasa pun dikamera ini bisa jadi hal yang unik.
awalnya sih emang, susah pake kamera film. selain harus rajin di lap karna ini kamera plastik, kita juga harus telaten cara masukin film yang bener, bolak balik nyuci scan dengan biaya yang tidak murah, dan beli roll film yang mahal karna udah langka. tempat nyuci film juga jarang banget sekarang. belum lagi kalo hasilnya banyak yang gagal/gelap, rasa kecewa pasti ada. gue pernah tuh 1 roll film yang seharusnya ada 36 foto, cuma 5 foto yang jadi. 
tapi itulah kamera lomo, semakin banyak hasilnya gagal, semakin pengen untuk terus dicoba.

karna gue gak pernah kapok hasilnya suka gagal, gak lama, gue beli kamera lagi, fisheye 2.0. kamera kedua ini pake duit sendiri, boro-boro ortu mau beliin. tapi alhamdulilah sih mereka mau nambahin hhi. tapi, hasil first roll dari kamera fisheye sangat mengecewakan. banyak yang hasilnya gelap dan terlalu banyak cahaya. tapi gapapa lah, gue bakal terus coba sampai menemukan hal yang asik dari kamera kece ini^^
walaupun gue cinta kamera analog, bukan berarti gue meninggalkan kamera digital. sampe sekarang pun gue masih belajar, dan tentu saja, masih amatiran. tapi, ngelakuin hal yang kita suka itu adalah kepuasan tersendiri. gue dari dulu emang doyan foto dan mengambil momen-momen atau objek bagus. jadi, walaupun gue gak ahli dan amatir dalam urusan teknik fotografi dan lomografi, selama gue seneng ngelakuinnya, gue bakal terus mencoba sampai hasilnya maksimal B)

next plan: beli Lomo LC-A! go go nabung nabung! 3jeti bo=_=v nabung setaun dulu kali ya baru bisa ke beli._.

dari kamera inipun gue banyak belajar. 
jangan pernah takut gagal.
lakukan semuanya dengan maksimal, maka hasilnya pun juga maksimal.
gak peduli seberapa banyak kita gagal, yang penting, kita mau terus mencoba dan semangat.
yakin deh, suatu hari, pasti bakal ada kepuasan tersendiri :)

tertarik dengan lomografi?
dan Lomonesia 
enjoy!

2 komentar:

  1. gue juga baru mulai tertarik sama kamera lomo, tapi belum paham sama teknis kamera nya mulai dari pasang roll sama cuci scan ==a jadi masih mikir2 nih. Ada saran ??

    BalasHapus
  2. saya juga mulai senang dengan kamera analog. tetapi saya lebih senang belajar menggunakan kamera full manual, terutama jenis rangefinder. pake kamera jenis ini lebih banyak mikir ketimbang kamera slr.
    di semarang ada mbah dukun kamera analog, pak joni namanya. sepertinya beliau tempat belajar yang baik.

    BalasHapus