Sabtu, 02 Juli 2011

It's about.... my lovely class, 91.

Nano-nano.
kalimat yang sangat sederhana namun mempunyai banyak arti.
waktu itu, di kelas 91....
gue: kira-kira nama yang bagus buat 91 apa ya? bingung gue.
Alya: ehm......... nano-nano!
gue: apaan tuh?
Alya: NAin One! kita kan anaknya punya karakter yang beda-beda, sedangkan nano-nano itu kan ada rasa asem, manis, abstrak deh rasanya.. kayaknya cocok aja sama keadaan kelas kita!


***

kelas 91. kelas yang sering banget disorot semua guru, di cap kelas yang paling gak tertib, selalu kena omelan bu Ros sama bu Erti gara-gara jarang piket sama amal. makanya sering banget jadi omongan guru. kayaknya semua guru pernah marah & ngambek ya sama kita wkw.

***

kelas 91. dimana kelas yang kalo ganti pelajaran anak-anaknya SELALU selalu dan selalu keluar (main diluar, main basket/bola, ke kantin) kalo ganti pelajaran. sampai waktu itu pernah ditegor sama wakil kepala sekolah, tapi tetep aja gak pernah kapok.

***

kelas 91. kelas dimana hampir semua anak cowok apal lagu-lagu dangdut, kalo lagi pelajaran kosong suka dengerin pake speaker toa terus joget-joget sendiri. salut gue ngeliatnya.

***


kelas 91. kelas dimana yang udah dibenci semua guru, tapi tetep aja pede dan punya muka gak bersalah.

kelas 91. dimana anak-anaknya punya tingkat humoris yang sangat tinggi, bahkan diluar batas mencapai overdosis. sampe gue kencing di celana. mereka yang calon sule--> Rico, Rama, Akay, Anis, Rissa. sebenernya sih yang bikin gue ngakak dari Rissa cuma ketawanya. serius, lo denger dia ketawa aja rasanya pengen cepirit.

***

kelas 91. kelas dimana waktu itu ada tugas orkestra (main musik sekelas. ada yang main gitar, suling, pianika, triangle, kastanyet dll) sama guru seni budaya, tapi sayangnya kita kurang nyatu dan anak-anaknya pada males latihan. apalagi anak cowoknya yang pada susah banget buat diajakin kerjasama. alhasil kita sampe dimarahin sama gurunya abis-abisan karna waktu itu dibilang kelas yang orkestranya paling jelek, lenjeh, arasemen nya payah, lagunya gak semangat, sama ada beberapa anak cowok yang gak ikutan main, sampe dibanding-bandingin sama kelas lain. nyesek, kesel, pasti ada. gue disitu sama Alya yang udah susah payah nyari lagu, kunci gitar, kunci suling, kunci pianika sama arasemen nya sampe down banget dibilang kayak gitu sama gurunya. rasanya tuh kayak........ harga diri diinjek-injek. tapi disitu kita gak mau terus-terusan jatuh.
disitu kita baru ngerasain, yang namanya kebersamaan dan kesatuan itu penting. pantes aja orkestranya jelek, orang kitanya aja juga kurang nyatu.

dan dari disitulah, kita perlahan mulai nyatu dan mengerti satu sama lain.

gue sama Alya akhirnya nyari lagu baru lagi, buat arasemen ulang dibantu Lano, dan gue mati-matian nyari kunci suling sama pianika. gue sama Alya sampe bela-belain pulang sore, buat nyari ide apa yang harus kita buat biar orkestranya jadi lebih 'wah'. kita akhirnya waktu itu pake ember dan semacam rebana, dan gak taunya kelas lain ada yang ngikutin. sempet kecewa juga, soalnya takut dibilang kelas kita yang ngikutin. tapi akhirnya gue sama Alya make arasemen yang beda biar gak sama, sama kelas lain.

berhubung gue waktu itu bagian main gitar, kan gampang tuh cuma ngapalin kunci sama genjrengan, jadi gue lebih banyak luangin waktu buat ngajarin anak-anak kunci suling sama pianika. kesabaran gue ternyata disitu diuji bangeeeeeeeet. berkali kali banyak yang nanya nada pas bagian ini gimana, temponya gimana, banyak yang diajarin berkali kali tapi pada belum mudeng juga, minta diajarin ulang, udah gitu pianika temponya gak pernah bareng, suka ada yang kecepetan masuk, suling temponya selalu kecepetan, dan bla bla bla. mana si Dwiki ngeselin banget tiap mainin pianika, gak pernah ngerti kalo diajarin. akhirnya gue bilang sama tu anak, kalo lo gak bisa main mending asal main aja gak usah ditiup-_- 
sampe pada akhirnya kalo ada tempo/kunci/nada yang salah, gue selalu bilang 'TAMPOLLL NIHHHH' dan bakalan mukul anak yang salah itu. biar kapok, HAHAHA. kejam banget ya gue, biarin~ gitu-gitu kan mendidik. haha apasih-_- jangan di contoh ya._.v


karena waktu tampil tinggal beberapa hari lagi, kita harus latihan tiap hari biar hasilnya maksimal. gue disitu baru ngerasain yang namanya anak 91 nyatu, mau diajak kerjasama, dan terharu ngeliat anak cowok yang waktu itu gak mau main alat musik akhirnya mau main. ya, ternyata perjuangan gue sama Alya, Alida, dibantu anak-anak lain buat terus ngajak mereka latihan ternyata membuahkan hasil.

besok adalah hari H. sebelum tampil, guru seni budaya nyuruh kita gladi kotor di pendopo. semua kelas unjuk kebolehan. dengan tekat yang kuat, kita akhirnya main dengan lagu dan arasemen baru. gue cukup seneng ngeliat guru seni budaya yang akhirnya menikmati orkestra kita, yang sebelumnya dicaci maki abis-abisan. ternyata, justru caci maki itulah yang bisa bikin kita bangkit.
walaupun gue sama Alya capeeeeeeeeeeeek banget ngurusin orkestra, suara sampe serek harus ngajarin pianika suling berkali-kali, puas banget ngeliat anak-anak yang pada akhirnya mau kompak.


tapi gak taunya ada hal buruk dibalik itu. kelas kita gak boleh make ember soalnya kan penampilan kita diliat sama orangtua murid, takutnya dikira sekolah gak modal. padahal kata gue itu alasan yang cukup gak masuk akal, soalnya kan alat musik bisa di ekspresikan lewat apa aja. lagi-lagi kelas kita down. yang tadinya udah seneng ngeliat kemajuan kita, ngeliat anak cowok yang mau main alat musik, yang udah susah payah ngajak Irsan Fiky main ember, cukup nyesek dengan pernyataan itu.
untungnya, sekolah mau minjemin senar drum sebagai pengganti ember. jadi kita bisa tetep main, walaupun sebenarnya lebih enak kalo pake ember. gue inget banget waktu itu amel sampe nangis kejer gara-gara hal itu.


waktu hari H, kita seneng banget waktu kelas 91 disambut baik sama guru dan orangtua murid karna permainan kita. akhirnya...... akhirnya! dibalik kebandelan kita, kita bisa buktiin kalo kelas 91 itu juga bisa main orkestra. lega bangeeet bisa nunjukin yang terbaik di depan orangtua.. orkestra kelas 91 pun berjalan lancar dan sukses. :') 




6 bulan setelah kejadian itu....
kok gue jadi kangen ya?
kangen orkestra banget.
kangen marahin anak-anak.
kangen ngajarin anak-anak main suling pianika.
kangen latihan orkestra.
kangen sibuk nyariin kunci cuma buat kelas 91.
kangen kekompakan kita waktu itu.
kangen bilang TAMPOLLL NIHH.
kangen bilang 'PURWANTII SALAH MASUUUUUUK!!'. 
berasa kangen nya kok sekarang ya.... pas udah pisah. :(


kangen banget bangetan juga pas kita lagi berjuang buat menghadapi UN. waktu itu pernah saking banyaknya TO, capek sama tugas-tugas Rama tiba-tiba teriak kenceng "SEMANGAT YO SEMANGAT! ALLAHUAKBAR!" ke kita semua, sampe kita pada ketawa sama tepuk tangan sekaligus terharu dengan motivasi Rama yang waktu itu nyuruh kita semangat.
dengan mengepalkan tangan kanan dan mengangkatkannya ke atas, dengan penuh keyakinan, kita semua pun akhirnya juga bilang "HAHAHA SEMANGATTT!!! ALLAHUAKBAR!" hahaha. sampe sekarang suka cekikikan sendiri nginget Rama dan anak sekelas ngomong gitu, sekaligus pengen nangis :''D


***

ehm...
berhubung kita udah pisah dan mencar ke SMA,
cuma mau bilang.
makasih buat semua kenangannya, mulai dari lucu, seneng, sedih, sampe serem dimarahin guru.
pokoknya makasih buat semuanya deh, dari di cap kelas terbandel, semua guru ngambek sama kita, semua itu gak bakal gue lupain..

semoga 10 tahun kemudian waktu kita reuni, kita udah jadi orang sukses semua dan berhasil ngejar mimpi-mimpi kita ya.



khususnya buat Andhira sama Putri, temen ngayal gue, semoga ide-ide gila kita dan semua khayalan kita jadi kenyataan ya! makasih buat motivasinya, yang bikin gue berani bermimpi :)


thankyou thankyou!!!!!!



xoxoxo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar